Wednesday, September 2, 2015

Universitas Muhammadiyah Malang




     Assalamu'alaikum Wr. Wb.
     Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM adalah salah satu universitas di Malang
yang terkenal dan sudah memiliki akreditasi A. Sejarah dari UMM ini berdiri pada tahun 1964, atas prakasa tokoh - tokoh dan Pimpinan Muhammaduyan Derah Malang. Pada awal berdirinya UMM merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jakarta. Pada awal berdiri UMM baru membuka beberapa fakultas, yaitu fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Hukum, Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) serta jurusan Ilmu Agama. Seiring dengan berjalannya waktu dan tuntutan zaman, maka UMM telah membuka fakultas-fakultas lain, yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan dan Perikanan, Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari D3 dan S1 Keperawatan, Farmasi, dan Fisioterapi serta Program Pasca Sarjana yang masing-masing mengembang beberapa jurusan. Jurusan atau program studi di UMM baik tingkat diploma 3, Sarjana, Magister maupun Doktoral 40 persen telah terakreditasi A BAN-PT.
     


     Kampus UMM terbagi menjadi tiga kampus yaitu, Kampus 1 yang diperuntukkan untuk program Pascasarjana, Kampus 2 diperuntukkan untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan, Sedangkan Kampus 3 atau kampus Pusat adalah kampus yang diperuntukkan untuk semua jurusan, gedung perkuliahan dan gedung perkantoran.
     UMM juga melebarkan sayapnya di dunia bisnis yaitu didirikan Perpustakaan Pusat, Masjid AR Fachruddin, UMM Dome, Stadion. SPBU, UMM INN, dan tempat rekreasi Sengkaling dan Sengkaling Food Festival. UMM juga memiliki lingkungan kampus yang nyaman, asri dan sejuk. Di UMM juga terdapat lapangan yang bisa digunakan untuk sarana olahraga. Disini juga terdapat helipad dan di kampus 3 memiliki tiga gedung utama yaitu GKB (Gedung Kuliah Bersama) yaitu GKB 1, GKB 2, dan GKB 3. Di seputar kampus 3 juga terdapat danau dan dialiri sungai brantas.


     Selain itu, UMM juga sudah banyak mengukir prestasi lho, diantaranya UMM sudah memperoleh pengakuan dari pihak eksternal, yaitu dengan diraihnya Nilai Akreditasi A dari BAN-PT (2013), Bintang Dua dari QS Star, Terakreditasi KNAPP, Terakreditasi dari MTD Registered Public Accountants, Terakreditasi dari NQA Global Assurance, dan lain-lain. Prestasi yang diraih UMM antara lain: Peraih Anugerah Kampus Unggul (AKU) Jawa Timur sejak tahun 2008, Peraih Anugerah AKU Kartika kopertis VII Jawa Timur sebagai kampus Terunggul di Jawa Timur, Runner Up Adi Upaya Puritama Kelas II (untuk Rusunawa), Runner Up ASEAN Energy Award, peringkat 18 Indonesia pada Webometrics (bahkan pernah ranking 8 Indonesia), Peringkat ke-5 Dunia konten Rich Files webometrics, Peringkat 5 Indonesia untuk Repository webometrics, peringkat 19 Indonesia 4icu, , Peringkat 22 TesCa-Telkom, dan lain-lain. UMM juga memperoleh penghargaan dari pemerintah USA sebagai Host Peace Corps USA mulai tahun 2010. Bagaimana? Hebat bukan kampus UMM.
     Kerjasama UMM dengan pihak dalam dan luar negeri juga sangat banyak yaitu Erasmus Mundus, ACICIS, Peace Corps Amerika, BGP Engineering Belanda, AMINEF, AIESEC, EESTEC, USAID, AUSAID, American Corner, Iran Corner, dan lain-lain.
     Bagaimana? tidak diragukan lagi kehebatan dari UMM mulai dari keindahan kampusnya, ragam fakultasnya, ragam bisnisnya sampai ragam kerjasmanya membuat UMM menjadi salah satu Universitas terbaik yang ada di Indonesia. Jadi buat kalian - kalian yang masih bingung memilih Universitas yang berkualitas, saran saya UMM adalah solusinya.
      Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

sumber gambar : https://www.google.co.id/
sumber informasi : https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Muhammadiyah_Malang 

No comments:

Post a Comment