Wednesday, September 2, 2015

Perkembangan dan Kemajuan Teknologi


      Assalamu'alaikum Wr. Wb.
     Perkembangan dan kemajuan teknologi sangatlah berkembang pesat, kita tahu bahwa dulu masyarakat Indonesia masih menggunakan alat yang masih sederhana untuk
komunikasi seperti pentungan yang digunakan di pedesaan saat ada pengumuman, sekarang tinggal sms semua bisa teratasi. Tak dapat dipungkiri jika kemajuan teknologi masa kini berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi - inovasi yang telah dibuat di dunia ini, mulai dari yang sangat sederhana hingga sangat menggemparkan dunia. Sebenarnya teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia zaman sekarang. Karena teknologi adalah salah satu penunjang kemajuan manusia. Teknologi juga telah membantu masalah umat manusia di segala bidang, teknologi juga telah membantu memperbaiki ekonomi, pangan, komputer dan masih banyak bidang yang telah terbantu oleh teknologi ini.
     Sebenarnya Teknologi sudah ada sejak zaman dahulu, yaitu zaman romawi kuno, sudah lama sekali berarti ya teman - teman. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan perubahan sumber daya alam yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi alat - alat yang sederhana. Contohnya Penemuan prasejarah tentang kemampuan mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan penciptaan roda telah membantu manusia dalam beperjalanan, dan mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang. Hingga menciptakan sesuatu lebih efisien dan cepat. Pada prinsipnya setiap perkembangan dan kemajuan dalam segi apapun baik adanya, setiap manusia menginginkan perubahan pun dalam konteks kehidupan bermasyarakat. Dari sekian banyak bidang ada dan berpacu untuk kemajuan salah satunya adalah bidang teknologi, yang menghadirkan perubahan dan kemajuan untuk selanjutnya digunakan oleh manusia. Beragam teknologi yang diciptakan memungkinkan manusia untuk bebas memilih apa yang diinginkan. Bahkan sekarang muncul perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan yang paling berpengaruh adalah internet, hal itu memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global. Tetapi, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan damai lho teman - teman, dari yang dahulunya hanya pentungan, karena kemajuan teknologi sekarang diciptakan senjata nuklir.
     Perkembangan teknologi tentu membawa perubahan yang begitu baik dan pesat dalam kehidupan manusia. Perkembangan itu baik adanya jika sesuai dengan apa yang diharapkan. Ilmu pengetahuan dan teknologi sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan berbudaya. Teknologi sendiri dapat muncul dari ilmu pengetahuan yang selalu berkembang dari zaman ke zaman. Namun, pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembentukan budaya mempunyai dampak positif maupun negatif.
     Dampak positifnya teknologi telah memengaruhi masyarakat dan sekelilingnya dalam banyak cara. Di banyak kelompok masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi. Selain itu teknologi juga membantu manusia dalam kamajuan komunikasi dan infrastruktur yang terus berkembang.
     Dampak negatifnya, teknologi telah membuat perpecahan antara masyarakat seperti sekarang manusia lebih mementingkan sosial medianya daripada lingkungannya, itu yang membuat manusia lebih individualistis. Selain itu informasi yang beragam dan memiliki konotasi pornografi juga dapat merusak moral bangsa. Banyak negara yang bersaing dalam senjata nuklir dan menimbulkan perpecahan yang dapat merugikan banyak pihak.
      Pada hakikatnya, kemajuan teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan adalah hal yang tak dapat kita hindari. Tetapi, kita dapat melakukan tindakan yang bijaksana terhadap diri kita sendiri, keluarga dan juga masyarakat luas agar kemajuan teknologi yang semakin dahsyat ini tidak sampai menggeser jati diri kita sebagai manusia yang memiliki norma dan juga nilai-nilai pekerti yang luhur.
     Jadi teman - teman, manfaatkan kemajuan teknologi ini untuk hal - hal yang positif dan menguntungkan banyak pihak yaaaa. 
      Wasslamu'alaikum Wr. Wb.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi

No comments:

Post a Comment