Wednesday, September 2, 2015

Teknik Sipil


       Assalamu'alaikum Wr. Wb.
     Apa yang kalian ketahui tentang Teknik Sipil? Pasti tentang merancang bangunan dan sebagainya. Sebenarnya Teknik Sipil adalah cabang ilmu tentang bagaimana merancang,
membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur saja lho teman - teman, tapi juga mencakup lingkungan yang luas, seperti jembatan, terowongan, jalan dan teknik sipil juga mempelajari tentang struktur tanah dan masih banyak lagi yang bisa dipelajari dari teknik sipil ini. Teknik sipil juga mempunyai ruang lingkup yang luas di bidang pengetahuan di dalamnya pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan dan aplikasi komputer, banyak sekali ya yang bisa dipelajari dari teknik sipil ini. Tetapi semua ini bertujuan untuk kemaslahatan hidup manusia. Jadi Teknik Sipil ini sangat berguna bagi kemajuan infrastruktur NKRI.

     Perkembangan Teknik Sipil di Indonesia juga sangat pesat, tetapi sebelum ke Indonesia sebenarnya lmu teknik sipil telah bekembang sejak lama di dunia. Menurut perkiraan,ilmu sipil telah berkembang di Mesir kuno dan Mesopotamia mulai tahun 4000 sd 2000 SM dengan adanya bukti Pyramid Raja Djoser yang diketahui terdapat di kompleks Saqqar, ternyata sudah tua sekali ya teman - teman. Awalnya profesi teknik ini dimiliki oleh militer untuk membangun pertahanan, benteng, pos pos militer, jalan, jembatan dan bangunan pendukung perang lainnya. Namun akhirnya profesi ini terpisah dari militer. Dengan terpisahnya profesi teknik ini, maka lahirlah ilmu baru yang di sebut dengan ilmu teknik sipil yang terus berkembang di seluruh dunia termasuk di Indonesia.
    Perkembangan Teknik Sipil di Indonesia pertama kali di dirikan oleh Universitas Lampung pada tahun 1968. Akan tetapi, karena kekurangan tenaga pengajar atau dosen pada waktu itu ,Fakultas Teknik Universitas Lampung tidak dapat bertahan lebih dari 3 Tahun. Rapat senat Universitas Lampung tanggal 16 Juli 1972 dengan menanggapi pendapat Direktur PendidikanTinggi, Fakultas Teknik pada pendirian pertama ini dibubarkan dan para mahasiswa ditampung di fakultas-fakultas dalam lingkungan Universitas Lampung dan Universitas lainnya. Atas inisiatif para pejabat (sarjana-sarjana teknik) yang kebetulan memegang peranan penting di Propinsi Lampung dan bekerja sama dengan Universitas Lampung,usaha pembentukan kembali Fakultas Teknik dimasukkan kembali dalam Konsep Program Operasional Universitas Lampung tahun 1977. Dengan perjuangan yang gigih dari staf Pimpinan Universitas Lampung dan Fakultas Teknik maka pada bulan September 1982 Fakultas Teknik Universitas Lampung mendapat pengakuan yang dituangkan dalam surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 43 Tahun 1982 tanggal 7 September 1982 tentang susunan organisasi Universitas Lampung dengan nama Fakultas Non Gelar Teknologi. Atas dasar surat keputusan Republik Indonesia tersebut diatas, maka diterbitkan surat keputusan Rektor No. 93/KPTS/R/1982 .Dan pada akhirnya,di tetapkanlah kelahiran Jurusan Teknik Sipil di Indonesia secara resmi pada tahun tahun 1982, berdasarkan SK. DIRJEN DIKTI No.03/DJ/Kep/1979, tertanggal 27 Januari 1979. Nah teman - teman itulah awal dari perkembangan sejarah Teknik Sipil di Indonesia.
     Teknik sipil juga mempunyai bidang - bidang mata kuliah, materi - materi teknik sipil yang utama adalah :
  1. Mekanika Rekayasa
  2. Dinamika Struktur
  3. Struktur Beton
  4. Struktur Baja
  5. Struktur Kayu
  6. Mekanika Tanah
  7. Menejemen Konstruksi
  8. Teknik Pondasi
  9. Teknik Transportasi
  10. Hidrologi
  11. Hidrolika
  12. Bangunan Air
  13. Teknik Gempa
  14. Ilmu Ukur Tanah
  15. Informatika Teknik Sipil 
     Apa sih keunggulan Teknik Sipil? Menurut saya keunggulan Teknik Sipil sangat beragam dibandingkan dengan arsitek, Teknik Sipil ruang lingkupnya lebih luas, selain menggambar, Teknik Sipil juga langsung terjun ke lapangan untuk mengetahui proses - proses yang sebenarnya dalam membangun sebuah proyek. Kita juga harus dituntut untuk teliti dan ulet karena jika terjadi kesalahan sedikitpun bisa berakibat fatal nantinya. Selain itu kita juga diberi wawasan tentang pengetahuan komputer, penggunaan aplikasi komputer. Bagaimana? lengkap bukan selain lengkap manfaatnya juga sangat banyak, berguna bagi kita dan masyarakat banyak.
     Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
sumber informasi : https://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_sipil
         

No comments:

Post a Comment