Wednesday, September 2, 2015

Beautiful Malang


Tugu Malang, Monumen kebanggaan Kota Malang
       Assalamu'alakum Wr. Wb.
     Apa yang kalian tahu tentang Kota Malang? Ya, Kota Apel, Kota Pendidikan,
Kota Rekreasi, Kota dengan ragam kulinernya, atau kota dingin. Semua julukan itu sangat benar. Oke kita akan bicara terlebih dahulu tentang letak geografisnya, Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 90 km sebelah selatan Surabya dan merupakan kota terbesar di kedua di Jawa Timur setelah Surabaya menurut jumlah penduduk. Berdasarkan hasil sensus penduduk 2010, Malang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia menurut jumlah penduduk dan berada di posisi ke-16. Kota Malang berada di dataran tinggi yang cukup sejuk, dan seluruh wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Malang. Luas wilayah kota Malang adalah 110,06 km2. Bersama dengan Kabupaten Malang dan Kota Batu, Kota Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya. Wilayah Malang Raya yang berpenduduk sekitar 4 juta jiwa, adalah kawasan metropolitan terbesar kedua di Jawa Timur. Bisa kita bayangkan betapa besar dan kaya ragam kuliner dan alamnya, mengingat Kota Malang memiliki suhu yang sejuk dan dataran tinggi nya yang membuat wilayah Malang Raya memiliki tempat rekreasi yang beragam pula.
      Kota Malang juga terkenal sebagai tujuan kota pendidikan di Indonesia, mengingat banyak sekali jumlah perguruan tinggi yang ada di Malang, total ada 62 perguruan tinggi yang ada di Kota Malang, banyak sekali bukan?

 Universitas Muhammadiyah Malang, salah satu kampus ternama di Kota Malang

So, buat kalian yang ingin melanjutkan studi kalian, saya sarankan datanglah ke Kota Malang, karena dengan pilihan Universitas yang sudah berkualitas seperti Universitas Muhammadiyah Malang, kalian sudah tidak perlu bingung dan ragu lagi menentukan Universitas mana yang akan kamu pilih.

     Kota Malang juga terkenal dengan aneka ragam kulinernya yang membuat mulut kalian tidak berhenti mengunyah terus. Apalagi Kota Malang adalah kota dengan hawa yang cukup sejuk sehingga meningkatkan selera makan anda. Mulai dari makanan tradisional sampai makanan yang modern tersedia semua di Kota Malang, mulai dari harga anak kos, sampai harga anak bos juga tersedia disini. 

 Pecel Kawi adalah salah satu makanan khas Kota Malang
  
Pecel Kawi yang berlokasi di Jalan Kawi ini adalah salah satu makanan khas dari Kota Malang, tidak afdol rasanya kalau ke Kota Malang belum mencicipi salah satu hidangan ini. Pecel Kawi yang sudah ada sejak tahun 1975 ini menawarkan cita rasa yang asli dan tidak ada duanya. Dengan kisaran harga antara 5.000 - 10.000 rupiah saja, kalian bisa mencicipi seporsi makanan ini yang dijamin enak banget, harganya juga tidak menguras kantong, pokoknya wajib dicoba kalau ke Kota Malang.
     Buat kalian - kalian yang suka nongkrong sama teman teman nih, jangan khawatir, di Kota Malang ini banyak sekali cafe - cafe yang menjamur. Mulai dari harga yang sangat terjangkau sampai yang eksklusif pun ada disini. 

 Racel Risol, salah satu cafe yang ada di Kota Malang

Buat anak malang pasti sudah tahu salah satu tempat nongkrong yang satu ini, ya Racel Risol. Cafe yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Pandan ini menawarkan sensasi yang unik dalam memakan risol. Disini kita bisa risol diolah dengan banyak pilihan, seperti risol meat lova, double cheese, pizzaria dan masih banyak variant yang lainnya juga. Selain risol disini juga ada menu lainnya seperti olahan mie yang memiliki sensasi pedas, pancake dan masih banyak menu makanan yang wajib dicoba. Tempatnya juga sangat nyaman dan cocok buat kalian yang betah berlama - lama bercanda bertukar pikiran bersama teman - teman anda. Kisaran harga juga cukup terjangkau, mulai dari harga 6.500 - 18.000 rupiah kalian bisa menikmati hidangan yang unik dan lezat tentunya. Cukup ramah bagi kantong mahasiswa bukan?

     Kota rekreasi? Ya, di Kota Malang juga tersedia beragam tempat rekreasi yang unik dan wajib untuk dikunjungi Seperti Taman Rekreasi Kota, Tlogomas, Taman Rekreasi Sengkaling, Playground, Batu Secret Zoo, Jatim Park 1 dan 2, Club Bunga, Lembah Dieng, Batu Night Spectaculer dan masih banyak lagi tempat rekreasi menarik yang wajib dikunjungi. Selain itu di Kota Malang juga terdapat rekreasi alam yang tentunya akan memanjakan mata kalian. Disini banyak sekali pantai yang indah, pegunungan juga tak kalah indahnya lho.

Museum Angkut adalah tempat rekreasi yang menwarkan berbagai benda benda bersejarah yang antik

Museum Angkut adalah tempat rekreasi yang baru - baru ini mencuri perhatian banyak masyarakat maupun media, karena disini kita akan disuguhkan berbagai barang - barang antik seperti mobil - mobil antik yang bernilai jual tinggi. Selain itu disana juga ada banyak tempat menarik seperti Amerika (Broadway, Hollywood, Las Vegas), Batavia, Eropa (Buckingham) dan terdapat juga pasar apung dan berbagai macam kuliner yang pastinya menggugah selera kalian. Tempat ini akan menawarkan sesuatu yang berbeda dan menjadi pengalaman liburan yang unik bagi kalian. Harga tiket masuknya untuk hari senin - kamis adalah 60.000 rupiah, sedngkan untuk hari libur dan tanggal merah adalah 80.000 rupiah teman - teman.

     Di Kota Malang juga ada tempat rekreasi yang murah meriah alias gratis kok teman - teman jangan khawatir. Di Kota Malang ada Alun - alun Kota Malang yang dijamin bagus deh, apalagi kalau malam ada pertunjukan air mancurnya yang menawan dengan hiasan lampu - lampu cantik. Disini juga ada Taman Merbabu dan Taman Kunang - Kunang yang sudah terfasilitasi oleh jaringan hotspot juga lho.
Dibawah ini adalah beberapa hasil jepretan saya mengenai tempat rekreasi yang ada di Malang :



 



Bagaimana teman - teman indah bukan Kota Malang dari segi Pendidikan, Pariwisata dan kulinernya? Dijamin kalian pasti akan betah berlama - lama dengan Kota yang terkenal dengan apelnya ini. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian - kalian yang ingin mengetahui lebih dalam tentang Kota Malang.
     Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
     

sumber gambar : https://www.google.co.id/
sumber lainnya : https://id.wikipedia.org/ 

No comments:

Post a Comment